Senin, 14 Januari 2013

Lembar Kerja Microsoft Excel

MICROSOFT EXCEL 2010
Bagian I

8.1 Mengenal Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet canggih yang bisa digunakan untuk menampilkan data, melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Contoh aplikatif dari penggunaan spreadsheet dalam kehidupan seharihari misalnya untuk keperluan sebagai berikut.
1. Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
2. Membuat sebuah grafik yang memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
3. Memperlihatkan jumlah total suatu variabel.
4. Memanajemen suatu database.
Spreadsheet pada dasarnya adalah grid besar yang menata data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dan hanya sekedar pengganti buku akuntansi. Excel dapat melakukan semua kalkulasi yang diinginkan, dan misalkan data di dalam sebuah sheet Excel diubah/di-update, maka Excel dapat langsung melakukan peng-update-an hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft Excel 2010. Aplikasi pengolah angka ini merupakan salah satu bagian dalam Microsoft Office 2010.
Menurut penelitian mengenai penggunaan program di Amerika dinyatakan bahwa Microsoft Excel keluaran dari Microsoft Corporation ini terbukti paling laris dan paling banyak digunakan di pasaran jika dibandingkan dengan program pengolah angka sejenis seperti Quattro, Quattro Pro, Lotus, dan Supercall. Hal tersebut dikarenakan Microsoft Excel berada di bawah sistem operasi Windows yang memiliki keunggulan berbasis grafik (Grafic user interface/GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft, artinya sistem ini selain digunakan untuk mode grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multitasking. Pada saat yang bersamaan dapat digunakan untuk menjalankan program lain yang berbeda.
Microsoft Office Excel 2010 merupakan pengembangan dan Microsoft Office versi sebelumnya dan merupakan salah satu produk Microsoft Corporation. Pada Excel 2010 ini tersedia berbagai macam kemampuan untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan pengolahan angka, baik dalam perkantoran maupun dalam dunia bisnis lainnya.

8.2 Memulai dan Mengakhiri Microsoft Excel
8.2.1 Memulai Microsoft Excel
Langkah pertama sebelum memulai program ini Anda harus mengecek apakah komputer Anda sudah terinstall program Microsoft Excel 2010 atau belum. Setelah Anda meyakini bahwa Microsoft Excel 2010 telah terinstall di dalam komputer Anda, maka Anda dapat menggunakan software ini untuk berbagai keperluan.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
a. Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
b. Melalui menu Start.
c. Melalui file yang terdapat di Microsoft Excel
Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum terpasang di desktop, shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut.
• Klik kanan pada desktop.
• Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
Jika ingin membuka Microssoft Excel 2010 dengan cara kedua, langkah yang digunakan adalah sebagai berikut.
• Klik menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
• Klik Microsoft Office dan lembar kerja Microsoft Excel 2010
• Sekarang Anda siap bekerja dengan Excel 2010


Jika ingin membuka Microsoft Excel 2007 dengan cara ketiga, maka dalam windows explorer harus sudah ada file Excel yang pernah dibuat. Misalnya file Excel ada di My Document, maka langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.
o Klik menu start > Pilih Program > klik windows Explorer.
o Klik Folder My Document.
o Klik dua kali pada file Excel yang akan dibuka.

8.2.2. Cara Mengakhiri Excel 2010
Setelah Anda selesai menggunakan Microsoft Excel 2010, Anda perlu menutup program aplikasi windows tersebut sebelum mematikan komputer. Cara untuk menutup program adalah dengan cara meng-klik tombol Close (X) yang terdapat di sebelah kanan atas Windows Excel atau dapat juga melalui ikon kontrol menu yang terdapat di pojok kiri, caranya sebagai berikut.
a. Klik ikon menu kontrol Microsoft Excel.
b. Pilih dan klik Exit Excel.


Gambar 8.1 Tombol Exit (X) untuk mengakhiri Excel 2010

8.3 Menu dan Ikon Microsoft Excel
8.3.1. Elemen pada Microsoft Excel
Pada saat Anda memulai Excel 2010, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.
Gambar 8.2 berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel 2010, yaitu jendela workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan zoom.



Gambar 8.2 Bagian-bagian Lembar Kerja Excel 2010
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2010 hampir sama dengan excel 2010 dan sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2010, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.



Gambar 8.3 Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2010
1. New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
2. Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
3. Save, merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
4. Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.


Gamabr 8.4 Sub tab menu Save As aplikasi Microsoft Excel 2010
Keterangan:
• Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
• Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
• Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
• Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
• Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
• Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2010 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
d. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2010 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
• Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
• Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
• Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
• Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
e. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
f. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).

Keterangan:
1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
2. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
3. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
g. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
h. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
i. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
k. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
l. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.

8.3.2. Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.
a. Toolbar
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.
1) Tab Home
Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard

Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).

b) Font

Submenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.

c) Alignment

Submenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.


d) Number

Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.

e) Styles

Submenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.

f) Cells

Submenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.

g) Editing

Submenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.



2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.

a) Tables

Nama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
b) Illustrations

Nama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.

d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.


e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja


3) Tab Page Layout

Tab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.

b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.

c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.

d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.


e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.


Tab Layout Arrange
4) Tab Formula
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).

Tab Formula
5) Tab Data

Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.

6) Tab Review

Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).

7) Tab View


Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja.

8.3.3. Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
Dalam penggunaan Excel 2010 kita membutuhkan tool-tool untuk menyelesaikan pekerjaan Excel agar akses dan eksekusi data menjadi lebih cepat. Namun, tidak jarang tool-tool yang sering dibutuhkan belum masuk ke dalam tab.
Anda dapat memasukkan tombol-tombol perintah tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara sebagai berikut
1. Klik tombol combo box pada baris Quick Access Toolbar
2. Berilah tanda (v) di depan pilihan tombol tersebut.
Jika ternyata dalam pilihan combo box tidak terdapat tool-tool yang kita butuhkan, kita dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara berikut.
1) Klik tombol combo box pada access toolbar.
2) Pilih dan klik pada pilihan perintah More commands.
3) Pilihlah salah satu tombol yang diinginkan, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Access Toolbar.

8.3.4. Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel 2010
Menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2010 mempunyai fungsi sesuai uraian materi sebelumnya. Penggunaan beberapa menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2010 akan dibahas pada uraian berikut.Selanjutnya, Anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang penggunaan menu dan ikon pada materi Penggunaan Microsoft Excel 2010 untuk Menghasilkan informasi

a. Menyimpan lembar kerja Excel
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1) Klik ikon pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali pada aplikasi Excel selain 2010 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003 workbook.
atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.

5) Setelah selesai klik Save
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xls

b. Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
Langkah untuk menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru adalah sebagai berikut.
1. Klik tombol office button.
2. Klik Save As ( )sehingga akan tampil kotak dialog Save As.
3. Pada kotak pilihan Save In, pilihlah folder sebagai tempat untuk menyimpan lembar kerja Excel yang baru. Apabila Anda tidak melakukan perubahan, maka hasil penyimpanan akan tersimpan dalam folder yang sama dengan tempat penyimpanan file yang lama.
4. Pada kotak isian File name, isikan nama file yang baru, lalu klik save.

c. Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
Lembar kerja lama yang pernah disimpan dapat pula disimpan kembali setelah Anda melakukan perubahan-perubahan. Proses penyimpanan file ini dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Dengan cara mengklik tombol office button, kemudian klik Save.
2. Dengan mengklik ikon Save ( ) pada quick access toolbar.
3. Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard.

d. Menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket dan flashdisk
Selain penyimpanan lembar kerja di dalam hardisk, Anda juga dapat menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket atau flashdisk. Cara penyimpanan lembar kerja Excel dengan menggunakan disket atau flashdisk adalah sebagai berikut.
1. Klik tombol office button kemudian klik Save As.
2. Pada kotak pilihan Save in pilih 3½ Floopy (A:) jika Anda akan menyimpan ke dalam disket, namun apabila Anda akan menyimpan lembar kerja Excel tersebut ke dalam flashdisk, maka pada kotak pilihan Save in pilih Removable Disk (G:).
3. Ketikkan nama file lembar kerja Excel yang Anda inginkan pada kotak isian File name.
4. Apabila sudah selesai, klik tombol Save.


e. Membuka kembali lembar kerja Excel
Apabila Anda ingin membuka kembali lembar kerja Excel yang pernah disimpan di hardisk dengan menggunakan ikon, maka caranya adalah sebagai berikut.
1. Klik ikon pada menu office button.
2. Setelah muncul kotak dialog Open, pilih folder dan klik file yang dicari melalui kotak isian Look in.
3. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
Jika Anda akan membuka file Excel dari flashdisk caranya adalah sebagai berikut.
1. Klik ikon pada quick access toolbar.
2. Pilih Removable Disk (G:) pada kotak isian Look in.
3. Klik nama file Excel yang ingin dibuka.
4. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.

f. Mengedit lembar kerja Excel
Mengedit lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan mouse dan dengan menggunakan ikon. Dalam hal ini proses editing yang dilakukan adalah memindahkan data dalam sebuah sel pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan mouse.
1. Blok sel pada data yang ingin dipindahkan.
2. Pada posisi data yang diblok, klik kiri mouse dan tahan.
3. Seret kursor ke sel tujuan yang diinginkan, kemudian mouse dilepaskan.
Langkah untuk mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1. Blok data pada sel yang akan dipindahkan.
2. Klik ikon Cut pada tab menu Home submenu Clipboard.
3. Aktifkanlah sel tujuan untuk meletakkan data.
4. Klik ikon Paste pada tab menu Home submenu Clipboard.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar